Penerapan Genre Based Approach dan Pembelajaran Berdiferen-siasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X-6 SMAN 2 Jember

Authors

  • Rahina Manik Wanodya Universitas Muhammadiyah Jember
  • Henri Fatkurochman Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Genre Based Approach, pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, bahasa Inggris, Invitation

Abstract

Bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran yang diajarakan kepada peserta didik baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Terdapat 4 skill yang perlu dikuasai dalam bahasa Inggris yaitu listening (mendengar), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Seringkali guru masih kesulitan untuk mengembangkan 4 skill tersebut dalam pembelajaran. Terlebih lagi tingkat pemahaman peserta didik dalam kelas tentu beragam seperti yang terjadi di kelas X-6 SMA Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan Genre Based Approach untuk dapat membantu penerapan 4 skill dalam bahasa Inggris yang dibagi dalam beberapa pertemuan. Dengan menggunakan Genre Based Approach, proses pembelajaran dapat membuat peserta didik memahami secara utuh mengenai sebuah teks baik dalam segi pengetahuan dan juga keterampilan menulis. Dalam penerapan Genre Based Approach, peneliti menggabungkan dengan penggunaan pembelajaran berdiferensiasi untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penerapan Genre Based Approach dan pembelajaran berdiferensiasi pada materi Invitation kelas X-6 SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Data penelitian didapatkan dari hasil kerja peserta didik pada tiap pertemuannya dan didukung oleh lembar observasi untuk melihat respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Genre Based Approach dan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Invitation. Pencapaian ketuntasan belajar dari kondisi awal pra siklus yaitu 31% meningkat menjadi 78,13% pada siklus I dan 93% pada siklus II. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iskandar, Dedi. (2021) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembela-jaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2). https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Mahanani, N. Mastuti, H. Prabowo, AB. (2018) ‘Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Melalui Genre Based Approach Pada Siswa Kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 5 Se-marang Tahun Pelajaran 2018/2019’, Media Penelitian Pendidikan, 12(1).

Martina, F. dan Afriani, Z. L. (2020) ‘Pelatihan Pendekatan Genre-Based Pada Pembelajaran Ket-erampilan Menulis Bagi Guru Bahasa Inggris SMPN 10 Kota Bengkulu’, Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1).

Narasintawati, L. S, Huraiyah, & Aliyah, S. (2020) ‘Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMP’, Indonesian Jurnal of Teacher Education, 1(2).

Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021) ‘Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text’, Indonesian Gender and Society Journal, 2(1). https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206

Sudjana, N. (2005) ‘Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar’, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tomlinson, C. A. (2001) ‘How To Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms’, Associa-tion for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Ullah, A. Ganggur, G. (2020) ‘Opini: Degradasi Minat Siswa Terhadap Bahasa Inggris’, Arliskade-policnew.com: diakses 8 Juni 2023 dari

https://arlisakadepolicnews.com/2020/07/04/0pini-degradasi-minat-siswa-terhadap-bahasa-inggris/

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Wanodya, R. M. ., & Fatkurochman, H. . (2023). Penerapan Genre Based Approach dan Pembelajaran Berdiferen-siasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X-6 SMAN 2 Jember. National Multidisciplinary Sciences, 2(2), 51–60. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/484