Analisis Penerapan Power Point Interaktif untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Siswa

Authors

  • Hesti Hesti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ali Usman Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Gaya Belajar, Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif

Abstract

Siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam belajar. Baik dari segi minat maupun gaya belajarnya. Umumnya siswa memiliki jenis gaya belajar dengan 3 macam yaitu auditory, visual dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan powerpoint interaktif untuk memfasilitasi gaya belajar siswa yang berbeda.  Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Tanggul, Jember pada kelas X-G. Hasil penelitian menunjukan bahwa powerpoint interaktif dapat memfasilitasi gaya belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2010) ‘ParadigmaPendidikan Nasional Abad XXI’ [Online]. Tersedia: http://www.bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2012/04/LaporanBSNP-2010.pdf

Cahyani, I. (2017) ‘Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran’ Uni-versitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta. http://sucicahyaniika.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/15367/2017/10/PENTINGNYA-MENGENALI-GAYA-BELAJAR-SISWADALAM-KEGIATAN-PEMBELAJARAN.pdf.

De Porter, Bobbi, dan Mike Hernacki. (2013) ‘Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan’ Bandung: KAIFA.

Engko, C. dan Usmany P. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online’, Jurnal Akuntansi, 6(1), 23-38.

Fitra, D. K. (2022) ‘Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelaja-ran IPA’ Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Hamzah & B. Uno. (2010) ‘Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran’ Jakarta: Bumi Aksara.

Mustafida, F. (2013) ‘Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI’, Madrasah, 6(1), 77-95.

Mustofa. (2007) ‘Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia’, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4 (1), 76-88

Nasution, S. (2013) ‘Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar’, Jakarta: Bumi Aksara.

Risnawita, R.& Ghufron, M. N. (2014) ‘Gaya Belajar Kajian Teoretik’, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2017) ‘Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan’, Jakarta: Kencana.

Sagitasari, D. A. (2010)’ Hubungan Antara Kreativitas Dan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP’, SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogya-karta.

Setianingrum, M. (2017),’ Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Jepang’, JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1-8.

Sukadi. (2008) ‘Progressive Learning “Learning by Spirit’, Bandung: MQS Publishing.

Tomlinson, C. (2001) ‘How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Differentiated Instructions provides access for all students to the general education curriculum. The method of assessment may look different for each child, however the skill or concepts taught is the same. Classrooms (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-2)’, Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Tristanti, S. & Nafiah. (2020) ‘Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Losari Jombang’, National Conference for Ummah. 30 Dec 2020.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Hesti , H. ., & Usman , A. . (2023). Analisis Penerapan Power Point Interaktif untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Siswa. National Multidisciplinary Sciences, 2(1), 38–45. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/482