Analisis Kesesuaian Penerapan Higiene Sanitasi Pada Penyedia Jasaboga

(Studi Kasus Pendampingan Di UMKM Dapur Mamak Nia Kecamatan Waru)

Authors

  • Nur Annisa Universitas Mulawarman
  • Marwati Marwati Universitas Mulawarman
  • Sulistyo Prabowo Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v2i3.294

Keywords:

UMKM, Higiene dan Sanitasi, Perbaikan

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memberikan kontribusi dalam pendapatan nasional dan penerimaan lapangan pekerjaan. Ekonomi selama pandemi mengalami penurunan, tetapi UMKM adalah usaha yang dapat bertahan di masa krisis pandemi. Oleh karena itu upaya menggerakkan ekonomi lewat pemberdayaan UMKM dilakukan pemerintah. Munculnya potensi UMKM seiring dengan kelemahan yang dimiliki UMKM. Kelemahan yang paling sering terjadi adalah penerapan higiene sanitasi. Pemerintah, Lembaga Keuangan dan Institusi Pendidikan bekerja sama untuk melakukan program pengembangan dan perbaikan untuk UMKM yaitu per-baikan higiene sanitasi agar memudahkan pengurusan legalitas usaha. Dapur Mamak Nia adalah UMKM yang belum memiliki lisensi seperti laik higiene sanitasi. Oleh karena itu dil-akukan analisis untuk melihat sejauh mana UMKM ini menerapkan higiene sanitasi dan melihat kekurangan yang perlu diperbaiki agar memenuhi persyaratan higiene sanitasi jasaboga. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dari narasumber melalui observasi dan wawancara terbuka. Pada penelitian ini menggunakan form dari PERMENKES N0. 1096 Tahun 2011. Penggolongan jasaboga menggunakan form 12, ceklis kondisi menggunakan form 3, pemberian saran perbaikan untuk UMKM dan yang terakhir melihat kondisi akhir setelah diberikan perbaikan menggunakan form 3. Pendataan menghasilkan bahwa UMKM Dapur Mamak Nia membuat makanan untuk dikonsumsi masyarakat umum, masih menggunakan dapur rumah tangga yang sekaligus dapur UMKM, dikelola oleh pengusaha dengan bantuan tenaga kerja keluarga sendiri yang berarti termasuk jasaboga golongan A1. Kondisi Awal dengan bobot 49/70 dengan presentase 70% yang berarti belum memenuhi syarat. Setelah diberikan saran perbaikan, kondisi akhir dengan bobot 56/70 dengan presentase 80% yang berarti belum memenuhi syarat. Faktor yang menyebabkan penerapan belum terjadi adalah kurangnya pengetahuan dan finansial. Upaya per-baikan dilakukan sesuai kemampuan UMKM Dapur Mamak Nia walaupun belum bisa mengurus legalitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainezzahira, Khairunnisa, Multri, H. D., Veronica, Fitriani, B. M., Pratama, T. S., Alhamdi, R., & Kiyat, W. El. (2019). Evaluasi Sanitasi Pangan pada Industri Rumah Tangga Pengolahan Tahu di Kelurahan Bojong Nangka, Kabupaten Tangerang. VITKA Jurnal Manajemen Pariwisata, 1(1), 5–12.

Arrazy, S. (2020). ANALISIS HIGIENE DAN SANITASI PENGOLAHAN MAKANAN PADA PEDAGANG MAKANAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN. 47.

Kementerian Koperasi dan Kecil dan Menengah. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. In Www.Depkop.Go.Id (Issue 1).

Kesehatan, M. (2015). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1096/MENKES/PER/VI/2011 TENTANG HIGIENE SANITASI JASABOGA.

Kusmanto, H., & Warjio. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 320–327.

Noviana, B., & Mataram, U. (2018). ARTIKEL ILMIAH PENERAPAN HACCP ( HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT ) PADA WARUNG MAKAN DI Oleh.

Sudrajat. (2018). Pemberdayaan UMKM dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Milenium (Penanggulangan Kemiskinan) (Vol. 53, Issue 9).

Yunus, S. P., J.M.L., U., & Odi Pinontoan, M. S. (2015). Hubungan Personal Higiene dan Fasilitas Sanitasi dengan Kontaminasi Eschericia coli pada Makanan di Rumah Makan Padang Kota Manado dan Kota Bitung. JIKMU, 5(2), 210–220. https://doi.org/10.1016/j.biotechadv.2010.08.010

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Annisa, N., Marwati, M., & Prabowo, S. (2023). Analisis Kesesuaian Penerapan Higiene Sanitasi Pada Penyedia Jasaboga: (Studi Kasus Pendampingan Di UMKM Dapur Mamak Nia Kecamatan Waru). National Multidisciplinary Sciences, 2(3), 257–267. https://doi.org/10.32528/nms.v2i3.294