Kepuasan Konsumen Ledre Pisang Berdasarkan Kategorisasi Atribut Produk

Authors

  • Banun Diyah Probowati Universitas Trunojoyo Madura
  • Burhan Burhan Universitas Trunojoyo Madura
  • Novita Aprilia Mukharomah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v2i3.279

Keywords:

Atribut, Kano, Kepuasan Konsumen, Ledre

Abstract

Usaha ledre pisang menjadi tumpuan sebagian masyarakat untuk memperoleh pendapatan. Keberlanjutan usaha ledre pisang sangat tergantung pada konsumen. Kepuasan konsumen dapat meningkatkan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut yang berpengaruh pada konsumen untuk terus membeli produk ledre dan atribut yang perlu dipertahankan dan diperbaiki, serta melakukan kategorisasi tingkat kepuasan konsumen produk ledre pisang berdasarkan atribut-atributnya. Penelitian ini menggunakan metode kano untuk mengukur kepuasan konsumen. Metode kano merupakan suatu metode yang mengkategorikan karakteristik produk atau jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebu-tuhan konsumen. Metode kano ini akan mengelompokkan 14 atribut produk ledre pisang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  atribut yang berpengaruh pada pengambilan keputusan dalam pembelian produk ledre pisang dikategorisasikan dalam 2 kategori yaitu indifferent dan one-dimensional. Atribut kategori indifferent yaitu atribut rasa ledre yang gurih, tekstur ledre yang lembut, dan warna ledre kuning kecoklatan, artinya kepuasan konsumen tidak akan berpengaruh terhadap ada tidaknya atribut tersebut. Atribut kategori one-dimensional yaitu rasa manis, tekstur renyah, aroma khas, kemasan produk yang menarik, kemasan tahan lama, harga yang sesuai, variasi rasa, pelayanan penjual yang baik, area lingkungan bersih, keyakinan terhadap produk aman, dan tempat pemasaran yang strategis, artinya jika atribut ini tidak dihadirkan maka konsumen akan kecewa atau tidak puas. Atribut yang harus dipertahankan adalah atribut rasa, tekstur, kemasan, harga, variasi rasa, pelayanan, kebersihan lingkungan, dan tempat pemasaran yang strategis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhayanti, I., Abdullah, T., & Romantika, R. (2018). Uji Kandungan Total Polifenol Dan Flavonoid Ekstrak Etil Asetat Kulit Pisang Raja (Musa Paradisiaca Var. Sapientum). Media Farmasi, 14(1), 146–152.

Al, A., Juwana, I., Lingkungan, J. T., Teknik, F., & Bandung, I. (2019). Penentuan Nilai Ekonomi Taman Nasional Gunung Ciremai Dengan Metode Contingen Valuation Method. Jurnal Rekayasa Hijau, 3(2), 147–156.

Alfiyani, N., Wulandari, N., & Adawiyah, D. R. (2019). Validasi Metode Pendugaan Umur Simpan Produk Pangan Renyah Dengan Metode Kadar Air Kritis. Jurnal Mutu Pangan : Indonesian Journal Of Food Quality, 6(1), 1–8.

Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2018). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index The Analysis Of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method And. Jurnal Industri, 4(2), 74–81.

Aryani, T., Isnin, Aulia, U., & Aji, Bagus, W. (2018). Karakteristik Fisik , Kandungan Gizi Tepung Kulit Pisang Dan Perbandingannya Terhadap Syarat Mutu Tepung Terigu Physical Characteristics , Nutritional Content Of Banana Peel Flour And Its Comparison To Quality Requirement Of Wheat Flour. Jurnal Riset Sains Dan Teknologi, 2(2), 45–50.

Aryanto, A. I. P. M. H. (2018). Analisis Elemen Desain Pada Kemasan Ledre Super Di Bojonegoro. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(2), 21–26.

Basir, A. K., & Wulandari, S. (2015). Analisis Kebutuhan Produk Keripik Kentang Usaha Kecil Menengah Cumelly Menggunakan Integrasi Food Quality Dan Model Kano Needs Analysis Of Potato Chips Product Cumelly ’ S Small Medium Enterprise Using Integration Food Quality And Kano Model. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 2(3), 7500–7507.

Badan Pusat Statistik (2019). Produksi Tanaman. In Jakarta (Pp. 335–358). Https://Www.Bps.Go.Id/Linktabledinamis/View/Id/960.

Endang, A. M. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20.

Erdipriwiranti, P. G., Pangemanan, P. A., & Rumagit, G. A. J. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dunkin’ Donuts Manado Town Square. Agri-Sosioekonomi, 15(2), 321.

Herry, B., Nurhayati, N., & Susilowati, D. I. (2016). Strategi Perancangan Mutu Ripe Banana Chip (RBC) Berbasis Harapan Konsumen. Agrointek, 9(2), 76.

Jufrizen, J., Farisi, S., Azhar, M. E., & Daulay, R. (2020). Model Empiris Organizational Citizenship Behavior Dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Medan. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(2), 145–165.

Mufidah, L., Sulistiyani, T., Rachmawati, E., Christiana, R., & Stj, M. A. (2021). Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Wonotopo Keterbatasan Teknologi Pasca Panen Yang Ada . Abdimas Akademika, 2(01), 66–74.

Nanang, A. (2016). Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Produk Kopi Instan Di Kabupaten Sleman, DIY. Jurnal Masepi, 1(1), 32–39.

Nurjannah, A., & Purnomo, H. (2018). Rancang Desain Produk Setrika Pegas Menggunakan Metode Kano. Jurnal Teknik, 39(1), 9–15.

Pertiwi, D. (2018). Pengaruh Karakteristik Responden Terhadap Minal Beli Produk Sampo Anjing Pengunjung Pet Shop Wilayah Bandung. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 12–23.

Rasyid, Ahmad, K. (2020). Atribut Produk Instrinsik Dan Ekstrinsik Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Produk Camilan Khas Kota Malang. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 2(1), 12–26.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Diyah Probowati, B., Burhan, B., & Aprilia Mukharomah, N. (2023). Kepuasan Konsumen Ledre Pisang Berdasarkan Kategorisasi Atribut Produk. National Multidisciplinary Sciences, 2(3), 153–166. https://doi.org/10.32528/nms.v2i3.279