Analisis Sentimen Masyarakat Pada Komentar Produk Eiger Di Instagram Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier

Authors

  • Robbol Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ulya Anisatur Rosyidah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ginanjar Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i6.232

Keywords:

Analisis Sentimen, Cross Fold Validation, Eiger, Klasifikasi, Naive Bayes

Abstract

Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri merupakan perusahaan yang memproduksi pakaian dan perlengkapan hiburan alam atau outdoor. Eiger dalam pemasarannya juga menggunakan media sosial yaitu Instagram. Dalam setiap produk yang diunggah pada laman akun Instagram Eiger yaitu @eigerindostore mendapatkan berbagai komentar dari masyarakat. Dalam hal ini penelitian memanfaatkan data komentar tersebut sebagai data penelitian ini yaitu sentimen analisis. Pada penelitian ini metode yang digunakan sebagai klasifikasi adalah Naive Bayes sedangkan metode yang digunakan dalam skenario pengujian adalah split data dengan data latih 80% dan data uji 20% dan skenario Cross Fold Validation dengan nilai k yaitu 2, 4, 5, 7 dan 10.  Dari hasil implementasi metode Naive Bayes terhadap data komentar pada akun Instagram Eiger diperoleh hasil yaitu rata-rata akurasi yang diperoleh yaitu 85.27%, rata-rata presisi yang diperoleh adalah 88.29% dan rata-rata recall yang diperoleh adalah 81.26%. Nilai akurasi tertinggi diperoleh pada k = 10 dengan fold ke 10 yaitu 91.07%. Nilai presisi tertinggi diperoleh pada k = 10 fold ke 10 yaitu 90% dan nilai recall tertinggi diperoleh pada k = 7 fold ke 7 yaitu 91.67%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, Budi. (2015). "Berebut Rezeki dari Ransel". Detiknews.com. Pada laman http://news.detik.com/lapsus/3014890/berebut-rezeki-dari-ransel diakses pada tanggal 10 Februari 2021.

Ellya. (2015). Promosi Wisata Lebih Cepat Lewat Sosmed dan Media Sosial. Pada laman http://beritajateng.net/promosi-wisata-lebih-cepat-lewat- sosmed-dan-media-sosial/ diakses tanggal 24 Februari 2021.

Instagram. (2021). Akun Eiger @ eigerindostore. Pada laman https://www.instagram.com/eigerindostore/ diakses pada tanggal 24 Februari 2021.

Nur, M. Y., & Santika, D. D. (2011). Analisis Sentimen Pada Dokumen Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Support Vector Machine. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 9.

Routray, P., Swain, C. K., & Mishra, S. P. (2013). A survey on sentiment analysis. International Journal of Computer Applications, 76(10).

Zuhri, F., & Alamsyah, A. (2017). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Brand Smartfren Menggunakan Naive Bayes Classifier di Forum Kaskus. eProceedings of Management, 4(1).

Published

2022-11-30

How to Cite

Hidayatullah, R., Anisatur Rosyidah, U., & Abdurrahman, G. (2022). Analisis Sentimen Masyarakat Pada Komentar Produk Eiger Di Instagram Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. National Multidisciplinary Sciences, 1(6), 770–777. https://doi.org/10.32528/nms.v1i6.232