Pengaruh E-Commerce, Digital Payment Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha

(Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Jember)

Authors

  • Oktaviana Fensi Anggraeni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moh Halim Universitas Muhammadiyah Jember
  • Achmad Syahfrudin Zulkarnnaeni Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.226

Keywords:

Digital Payment, Sistem Informasi Akuntansi, Keputusan Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Commerce, Digital Payment dan penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap pengambilan keputusan untuk berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner mengunakan Googleform. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2018 yaitu sebanyak 81 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 responden sesuai dengan jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengaruh E-Commerce, Digital Payment, Sistem Informasi Akuntansi terhadap pengambilan keputusan untuk berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel secara parsial yaitu E-Commerce, Digital Payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan untuk berwrausaha dapat dibuktikan nilai t-hitung sebesar (2,569), (7,026) atau > 1,665 yang berarti berpegaruh positif dan nilai signifikansinya sebesar (0,012), (0,000) atau < 0,05. Sedangkan hasil penelitian pada variabel Sistem Informasi Akuntansi menunjukkan bahwa secara parsial tidak berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan tehadap keputusan untuk berwi-rausaha yang dapat dibuktikan nilai t-hitung sebesar (-3,294) atau < 1,665 dan nilai signifikansinya berpengaruh positif yang dibuktikan nilai sebesar (0,001) atau < 0.05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

(2011), W. (2011). Letters to the Editor. 64, 20862. https://doi.org/10.1002/clc.20863

Accountants, A. I. of. (1941). Certified public Accountant , 1941.

Aco, A., & Endang, A. H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Teknik Informatika, 2, 1–13.

Aditya, R., Febriyanti, D., Salatiga, I., & Salatiga, I. (2021). The effect of e-commerce on entrepreneurial decision making using an android application-based accounting information system as a moderating variable. 1(1), 12–24.

Akuntansi, J., Lovita, E., & Susanty, F. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minat Kewirausahaan. 18(02), 47–54.

Aprianti, I., & Nurfadilah, L. (2019). Tantangan yang Dihadapi oleh Perbankan Nasional pada Aplikasi Financial Technology Berbasis Cashless (Studi Kasus pada Pengguna Digital Payment di Kota Bandung). Bisnis Dan Iptek, 12(2), 68–78.

Aris, A., Shneiderman, B., Plaisant, C., & Shmueli, G. (n.d.). Representing Unevenly-Spaced Time Series Data for Visualization and Interactive Exploration. 835–846.

Ayo, C. K., & Ukpere, W. I. (2010). Design of a secure unified e-payment system in Nigeria : A case study. 4(9), 1753–1760.

CHANDRA KARTIKA SARI, D. (2017). Pengaruh Penggunaan E-commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Ngraho. It-Edu, 2(01).

Dan, K. (n.d.). No Title.

Dan, P. E., Sistem, P., Ayu, D., & Pramiswari, A. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 261–289.

Davis, F. D., & Davis, F. (1989). Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and User Acceptance of Information Technology. September. https://doi.org/10.2307/249008

E-commerce, M. P. (2009). Model penerimaan. VII(2), 1–12.

E-payment, S., & Putri, D. W. (n.d.). Determinan Kepercayaan Individu : Studi Empiris Konteks.

Empiris, S., Mahasiswa, P., Ekonomi, F., Jurusan, B., Universitas, A., Negara, S., Akuntansi, P. S., Oleh, D., Nim, N., & Eka, R. (2020). PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN BUSINESS TREND E-COMMERCE TERHADAP MINAT PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN BUSINESS TREND E-COMMERCE TERHADAP MINAT.

Gefen, D. (2000). The Relative Importance of Perceived Ease of Use in IS Adoption : A Study of E-Commerce Adoption. 1(November).

Hernawan, A., Komarudin, R., & Afni, N. (2021). Analisa Perbandingan Kualitas Pelayanan Web E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan WebQual 4 . 0. 15(1), 39–50.

Ika Febrilia, Shela Puspita Pratiwi, & Irianto Djatikusumo. (2020). Minat Penggunaan Cashless Payment System – Dompet Digital Pada Mahasiswa Di Fe Unj. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(1), 1–19. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.1.01

Indonesia, G. B. (2016). No Title.

Informatika, P. M., & Pringsewu, S. (2017). PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS BUSINESS TO CONSUMERS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN PRODUK. 15(2), 109–116.

Istiqomah. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akademi Kesejahteraan Akk Yogyakarta. Jurnal Socia Akademika, 6(2), 109–115.

Jumlah Uang Elektronik Beredar. (2021). April 2009, 2020.

Lestari, M., Purnomo, H. D., & Sembiring, I. (2021). PENGARUH E-PAYMENT TRUST TERHADAP MINAT TRANSAKSI PADA E-MARKETPLACE MENGGUNAKAN FRAMEWORK TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) 3 EFFECT OF E-PAYMENT TRUST ON TRANSACTION INTEREST ON E-MARKETPLACE USING THE FRAMEWORK TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) 3. 8(5), 977–986. https://doi.org/10.25126/jtiik.202185212

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019). Pengaruh Persepsi Owner Dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Pamulang. Journal of Business & Entrepreneurship Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1(2), 67–80. https://doi.org/10.24853/baskara.1.2.67-80

Manajemen, E., & Rabiah, A. S. (2020). Haruskah e-payment trust diterapkan e-commerce sebagai faktor kepuasan konsumen? 9(7), 2724–2743.

Mccloskey, D. (2016). Evaluating electronic commerce acceptance with the technology acceptance model. December 2003.

Mustofa, I. (2012). Transaksi Elektronik (E-Commerce) Dalam Perspektif Fikih. Jurnal Hukum Islam, 10(2), 157–180. http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi%0Ahttp://moraref.or.id/record/view/38978

Nim, N. (n.d.). Data Detail Mahasiswa. 0331.

Novianti, A., & Wibisono, M. (2020). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce Dan Penggunaan E-Payment Terhadap Nilai Bisnis Dengan. 12(2), 120–141. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.23579

Nurabiah, N., Herlina Pusparini, & Yusli Mariadi. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238–253. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.97

Nurabiah, Pusparin, H., & Mariadi, Y. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Berwirausaha. 238–253.

Nuryahya, E., Ichsana, Y., & Andini, K. M. (2019). PERILAKU PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI. 10(3), 502–515.

Pambudi, T., & Raden, A. R. (2021). The impact of pandemic covid-19 on digital payment: case study on electronic money in indonesia. International Journal of Advanced Research in Economics and Finance, 3(1), 70–79.

PH, L., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (n.d.). DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang ) Pendahuluan Kajian Teori Perilaku Konsumen.

Priansa, D. J., & Suryawardani, B. (2020). Jurnal Manajemen Indonesia Effects of E-Marketing and Social Media Marketing on E-commerce Shopping Decisions. 20(1), 76–82.

Putra, S. S. C., Indraningrat, K., & Halim, A. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap E-commerce melalui Facebook di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akutansi, 4(1), 72–78.

Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246

Rahmawati, N., Mulyono, H., & Marketing, A. (2016). Analisis dan perancangan sistem informasi pemasaran berbasis web pada toko billy 12. 1(2), 104–116.

Rizki, A., Pasaribu, M. H., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Meninjau Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Pekerjaan. 1(November), 14–22.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2019). Sistem Informasi Akuntansi Accounting Information Systems Diterjemahkan oleh : Kiki Sakinah; Nur Safira dan Novita Puspasari.

Rosyida, S. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 2, 81–86. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/623

Santika, I. W., & Yadnya, I. P. (2017). Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Penggunaan E-Commerce pada UKM Kerajinan di Gianyar. Prosiding Seminar Nasional AIMI, 2015, 255–264.

Sanusi, M. A. (2001). ( E-Commerce ): Studi tentang Permasalahan Hukum dan Solusinya. 8(16), 10–29.

Saputri, N. A. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI MINAT Pendahuluan Metode Penelitian. 04(01), 13–18.

Saragih, S. P. (2019). Technology Acceptance of Digital Payment System Pada Pelaku Umkm Di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2), 82–90. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1402

SEPTIAWATI, S. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Kepribadian Ekstraversi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 4(2), 77. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v4i2.3848

Setiawan, A. (2017). Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam E-Business. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 10(2), 171–186.

Setiawati, I., Hadiprajitno, P. T. B., & Ardiansah, M. N. (2021). Perspektif Model TAM Dalam Adaptasi Pembelajaran Akuntansi Melalui E-Learning Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Bisnis, 19(1), 36. https://doi.org/10.24167/jab.v19i1.3471

Sihombing, M. J. S., & Sulistyo, H. (2021). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Jurnal Sosial Sains, 1(4), 309–321. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i4.78

Sima, P. A. P., & Badera, I. D. N. (2018). Reputasi Auditor sebagai Pemoderasi Pengaruh Financial Distress dan Audit Fee pada Auditor Switching. E-Jurnal Akuntansi, 8(2), 58. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v24.i01.p03

Siska Khairani, P. Y. (2022). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya. 01(01), 1–11.

Stallings, W. (n.d.). D ATA AND C OMPUTER.

Tri, R., Yanto, Y., & Dhia, A. (2021). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE ( STUDI KASUS PENGGUNA TOKO ONLINE SHOPEE ). 11, 1–13.

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678

Tsiakis, T., & Sthephanides, G. (2005). The concept of security and trust in electronic payments. 10–15. https://doi.org/10.1016/j.cose.2004.11.001

Tumpal Manik. (2018). Analisis Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam E-Commerces Terhadap Pengendalian Bisnis Online. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 1(2), 51–64. https://doi.org/10.31629/jiafi.v1i2.1244

Turban, E. (2006). Electronic Commerce 2006 : A Managerial Perspective. January 2002, 4–8.

Wirdasari, D. (2009). TEKNOLOGI E-COMMERCE DALAM PROSES BISNIS. 7(2).

Wulandari, Maslichah, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan dalam Berwirausaha di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. E-Jra, 09(02), 47–57.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal Benefita, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.22216/jbe.v2i2.478

Yuwono, S. (n.d.). TERHADAP TUMBUHNYA MINAT BERWIRAUSAHA INFLUENCE OF ENTREPRENEURSHIP TRAINING ON THE GROWTH OF ENTREPRENEURSHIP INTEREST. 119–127.

Published

2022-09-30

How to Cite

Anggraeni, O. F. ., Halim, M., & Zulkarnnaeni, A. S. . (2022). Pengaruh E-Commerce, Digital Payment Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha: (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Jember). National Multidisciplinary Sciences, 1(5), 718–734. https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.226