Efek Desentralisasi Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Perkebunan Nusantara XII Wilayah II Di Kabupaten Jember

Authors

  • Efa Winarti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Diyah Probowulan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nina Martiana Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

desentralisasi, sistem akuntansi manajemen, kinerja manajerial

Abstract

Efek desentralisasi dan sistem akuntansi manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja manajerial dan mampu membuat perencanaan yang lebih baik serta mencapai target yang telah menjadi tujuan perusahaan. Dimensi untuk mengukur kinerja manajerial seperti kinerja perencanaan, kinerja investigasi, kinerja pengkoordinasian, kinerja evaluasi, kinerja pengawasan, kinerja pengaturan staff, kinerja negosiasi, dan kinerja perwakilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desentralisasi dan sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang didapatkan 40 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desentralisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial secara parsial, sistem akuntansi manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial secara parsial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, P. E. dkk. (2015). Pengaruh Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen (SAM), Desentraiisasi, dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Hotel Se-Kabupaten Buleleng). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 3(No.1).

Ansofino, dkk. 2016. Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta : Deepublish.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIE YKPN

Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Published

2022-09-30

How to Cite

Winarti, E., Probowulan, D., & Martiana, N. (2022). Efek Desentralisasi Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Perkebunan Nusantara XII Wilayah II Di Kabupaten Jember. National Multidisciplinary Sciences, 1(5), 674–678. Retrieved from http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/220