Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm Di Jorong Ladang Laweh Provinsi Sumatera Barat

Authors

  • Rossalina Rizti Amalia Universitas Ahmad Dahlan
  • Arif Sapta Yuniarto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.219

Keywords:

Pandemi, Pendapatan, UMKM

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi covid-19 terhadap pendapatan UMKM di Jorong Ladang Laweh Propinsi Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi dengan pelaku usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak penurunan pendapatan pada UMKM. Disisi lainnya ada UMKM yang tidak terkena dampak dari pandemi ini. UMKM yang tidak terkena dampak pandemi ini dikarenakan beberapa UKM tersebut mempelajari lebih detail tentang e-marketing dan membuat inovasi baru seperti layanan antar pesanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyani, N. K. S. (2021). Penguatan Kewilayahan dengan Pemetaan Keunggulan Potensi Daerah di Era New Normal. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 59-66.

Amanda, D. A. (2020). Rasio Neutrofil-Limfosit pada Covid-19; Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(2), 219-223.

Anastasia Diana dan Lilis Setiawati. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Terbaru. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Armadanti, e. P. (2019). Kekuatan pembuktian akta pendirian koperasi dibuat notaris yang mengalami perubahan dalam proses pengesahan oleh kementerian koperasi dan ukm (Doctoral dissertation, Universitas Tadulako).

Bambang Prishardoyo, Agus Trimarwanto dan Shodiqin, Pelajaran Ekonomi (Jakarta : Grasindo, 2005), hal. 67.

Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. (Yogyakarta: BPFE, 20010, hlm. 18.

Cahyaningrum, D. (2021). Peran Bank dalam Perlindungan Hukum Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terdampak Covid-19 (The Role of Banks in Legal Protection for Micro, Small, and Medium Enterprises Affected by Covid-19). Negara Hukum: Membangun Hukum untuk Keadilan dan Kesejahteraan, 12(1), 1-21.

Ervianty, R. M., Nugroho, Y., & Sya'bania, A. F. (2020). PRODUCT PROMOTION STRATEGY AND FINANCIAL STATEMENTS IN THE PANDEMIC ERA FOR GENTENG KREATIF–SMEs GROUP SURABAYA. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 318-325.

Fandy Tjiptono, “Strategi Pemasaran”, (Yogyakarta: Andi Press, 2004), Cet. Ke 5,hal 6

Hermawan, “Marketing”, (Jakarta : Gramedia, 2002) hal.12-14.

Husein Umar, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000), hlm. 17.

Kasmir, “Pemasaran Bank”, (Jakarta: Kencana,2010), hal. 51.

Kasmir, kewirausahaan (Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2014), 95

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63-89.

Laili, N. (2021). Analisis Daya Saing dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekspor Produk Alas Kaki Indonesia ke Amerika Serikat Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1019-1029.

Lestari, K. C., & Amri, A. M. (2020). Sistem Informasi Akuntansi (Beserta Contoh Penerapan Aplikasi Sia Sederhana Dalam UMKM). Deepublish.

LIPI, H. (2020). Survei Kinerja UMKM di Masa Pandemi COVID19.

Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurjannah W, S., Pangiuk, A., & Siregar, E. S. (2021). DINAMIKA PENDAPATAN SOPIR ANGKUTAN KOTA SAAT COVID-19 DI SIMPANG RIMBO KOTA JAMBI (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Palit, S. M. L. (2021). PERLINDUNGAN HUKUM MELALUI KEBIJAKAN TERHADAP UMKM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KOTA JAYAPURA. Jurnal Ius Publicum, 2(2).

Philip Kotler dan Gray Amstrong, “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Penerjemah: Bob Sabran, (Jakarta: Erlangga, 2008), Edisi ke-12, Jilid 1 hal. 62.

Philip Kotler, “Manajemen Pemasaran”, Jilid I dan II, Edisi kesebelas, (Jakarta:PT. Indeks Gramedia), 2006, hal. 63

Priharto, S. (2020). UMKM Adalah: Berikut Pengertian, Kriteria, Contoh, Cara Ekspansi dan Regulasi yang Menaunginya. Accurate. Id.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Resalawati, A. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM di Indonesia.

RFS, H. T., Harirah, Z., & Tampubolon, D. (2021). Urgensi Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) Pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Penanganan Covid 19 Di Kota Pekanbaru Tahun 2020. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(01), 1-16.

Safjan Assauri,”manajemen pemasaran konsep dan strategi”,(Jakarta:PT.Raja Grafinda Persada,2007) hal 168-169

Suprayitno, D. K. (2018). Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Suryani, D. E. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Penetapan Status Covid-19 Pada Pasien Penyakit Umum Oleh Rumah Sakit Di Kota Medan. Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi dan Informasi Hukum dan Masyarakat, 20(2), 127-135.

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyudi, M. (2009). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah (UKM) di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.

Zendrato, W. (2020). Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi covid-19. Jurnal Education and development, 8(2), 242-2

Published

2022-09-30

How to Cite

Amalia, R. R. ., & Yuniarto, A. S. . (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm Di Jorong Ladang Laweh Provinsi Sumatera Barat. National Multidisciplinary Sciences, 1(5), 665–673. https://doi.org/10.32528/nms.v1i5.219